Seru dan Asyiknya..... Kegiatan outbound TKIT Al Fidaa ke Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Seru dan Asyiknya..... Kegiatan outbound TKIT Al Fidaa ke Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Kegiatan Outbound TKIT Al Fidaa di Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Bismillaah....

Kegiatan outbound TKIT Al Fidaa yang dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2024 bertempat di Taman Wisata Pulau Situ Gintung, diikuti 71 siswa TK B. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman edukatif dan menyenangkan bagi anak-anak, dirancang untuk melatih keterampilan sosial, kepercayaan diri, serta kemampuan bekerja sama dalam tim, melalui berbagai aktivitas yang seru dan mendidik. Para siswa diajak untuk mengikuti serangkaian permainan dan tantangan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendukung pengembangan motorik, kecerdasan emosional, serta daya kreativitas mereka, seperti permainan bola estafet, jembatan titian, halang rintang, flying fox, dan lain lain di zona petualangan.

 

  

Aspek-Aspek Penilaian dan Assessment:

Aspek Fisik dan Keterampilan Motorik:

Penilaian: Keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan fisik, seperti permainan kelompok dan tantangan fisik yang melibatkan keterampilan motorik kasar (misalnya lari, lompat, atau memanjat).
Assessment: Evaluasi dilakukan berdasarkan kecepatan, ketepatan, dan kekompakan dalam menyelesaikan aktivitas fisik yang telah ditentukan.

Aspek Sosial dan Kerjasama:

Penilaian: Kemampuan anak dalam bekerja sama dengan teman sekelompok, berbagi tugas, dan membantu satu sama lain untuk menyelesaikan tantangan.
Assessment: Observasi dilakukan oleh pendamping yang menilai interaksi sosial anak selama permainan kelompok dan diskusi kecil.


Aspek Kognitif dan Pemecahan Masalah:

Penilaian: Kemampuan anak dalam menyelesaikan tantangan yang memerlukan pemikiran dan strategi, seperti permainan boom ball atau yang memerlukan strategi yang baik
Assessment: Anak dinilai berdasarkan cara mereka merespons tantangan yang diberikan, serta kreativitas dalam mencari solusi.

  
Aspek Emosional dan Kepercayaan Diri:

Penilaian: Kemampuan anak untuk mengatasi rasa takut atau ragu, serta meningkatkan rasa percaya diri ketika dihadapkan dengan tugas atau tantangan baru.
Assessment: Observasi dilakukan terhadap ekspresi wajah, sikap, dan cara anak mengatasi tantangan emosional dalam situasi tertentu.


Aspek Disiplin dan Kepatuhan terhadap Aturan:

Penilaian: Kepatuhan anak terhadap instruksi yang diberikan oleh fasilitator atau pendamping kegiatan, serta kedisiplinan dalam menjaga waktu dan aturan selama kegiatan berlangsung.
Assessment: Penilaian dilakukan berdasarkan tingkat ketaatan dan perhatian anak terhadap peraturan yang telah disepakati sebelumnya.

Kesimpulan: Kegiatan outbound ini tidak hanya dirancang untuk bersenang-senang, tetapi juga untuk mengembangkan berbagai aspek keterampilan dan karakter yang penting bagi anak-anak usia dini. Penilaian dilakukan secara holistik dengan mengamati aspek fisik, sosial, kognitif, emosional, dan kedisiplinan anak-anak. Hasil dari assessment ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai perkembangan individu dan kelompok siswa TKIT Al Fidaa dalam konteks pendidikan yang lebih luas.


" Petualangan yang seru " Raffa B6

"Alhamdulillah.. Kegiatan berjalan lancar, Anak-anak excited dan antusias mengikuti setiap zona petualangan" Bunda Keisha

By : Tim Media TKIT Al Fidaa



Tags:

TK

Dipost Oleh admin alfidaa

Abdul Haris Tim Media Al Fidaa

(0) Comments

Leave a Reply